Monday 15 June 2015

Kenaikan harga merica dalam beberapa bulan terakhir, Saat di tangan para pengecer merica harganya yakni dari Rp 160 ribu per kilogram, naik menjadi Rp 200 ribu per kilogram bahkan hingga Rp 250 ribu per kilogram. Harga yang melambung itu ditengarai sebagai penyebab orang mau memalsukan merica dan menjual dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan yang asli.

Di Jawa Tengah kasus merica palsu pertama kali ditemukan di Pati, sampai-sampai Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mewanti-wanti agar kasus merica palsu diusut tuntas, karena membahayakan kesehatan masyarakat. Nah di daerah tlatah panginyongan (Banyumas dan sekitarnya), merica palsu rupanya sudah masuk yaitu di Cilacap, yang mulai terendus adanya peredaran merica palsu. Polres Cilacap kini tengah menyelidiki kasus merica palsu yang dilaporkan oleh seorang pedagang Pasar Saliwangi, Desa Tritih Wetan, Kabupaten Cilacap.

Di Pati merica palsu ini di sinyalir dibuat dari bahan semen putih, yang jika dikomsumsi tentunya akan berbahaya bagi dalam tubuh manusia.

http://calonwirausahawan.blogspot.com/
1. Merica Asli memiliki bau yang tajam

Merica asli tentunya beraroma menyengat dan memiliki bau khas lada, sementara merica palsu sama sekali tidak beraroma. Jadi dengan mendekatkan merica ke hidung kita akan tahu mana merica yang menyengat di indera penciuman kita dan mana yang biasa-biasa saja.

2. Merica asli berwarna lebih putih

Merica yang asli warnanya putih, sementara merica palsu berwarna kusam dan mudah hancur. Jika anda mendapatkan merica seperti ini itu artinya merica tersebut 100% palsu.

3. Merica palsu cepat larut dalam air

Apabila dimasukkan ke dalam air, merica yang asli tidak akan mudah hancur dan tidak gampang larut. Sebaliknya merica abal-abal akan cepat hancur dan larut dalam air.

4. Bentuk merica asli bulat

Perhatikan pula warna dan bentuk fisiknya. Merica asli berbentuk bulat dan berwarna putih, sementara merica palsu bentuknya tak beraturan dan berwarna kusam.

Dan terlepas dari ciri-ciri merica asli maupun ciri-ciri merica palsu di atas, yang pasti harga merica palsu jauh lebih murah jika dibandingkan dengan merica asli. Jadi kalau ada yang menawarkan merica dengan harga murah, kita patut curiga .

semoga bermanfaat

0 comments :

Post a Comment