Sunday 14 June 2015

Di kalangan pedesaan pasti sering di jumpai hewan entok. Entok sering disebut juga entog merupakan salah satu jenis unggas yang masih dalam satu keluarga bebek. Entok memiliki ciri-ciri berbeda dibandingkan bebek. Entok mempunyai bentuk tubuh yang lebih besar dan leher yang lebih pendek dari bebek. Entok berjalan lambat dengan gaya lenggak lenggok.

Peluang Usaha Rumahan Ternak Budidaya Entok

Hewan unggas ini berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan tepatnya Negara Meksiko. Hewan ini pertama kali ditemukan di rawa. Sementara itu, untuk di Indonesia, hewan unggas ini dipelihara atau diternakkan untuk diambil dagingnya. Usaha budidaya entok di Indonesia masih bersifat usaha rumahan sampingan dalam skala kecil. Belum dibudidayakan secara intensif dan besar-besaran seperti halnya di Negara Taiwan. Nah, ini adalah salah satu peluang usaha yang menjanjikan.

Hewan Entok dimanfaatkan untuk diambil dagingnya. Selain itu, bulunya bisa digunakan untuk pembuatan kok badminton, springbed dan lain-lain. Adapun kemampuan hidup Entok sangat tinggi. Resiko kematian Entok berkisar di angka 10 %.

Kebanyakan bisnis rumahan budidaya entok dilakukan di pedesaan dalam skala kecil. Mereka menjadi entok sebagai tabungan. Jika saat membutuhkan uang, mereka bisa menjual entok tersebut. Biasanya para Bandar entok sudah menjemput bola bagi masyarakat yang akan menjual entok.

Untuk menjalankan usaha budidaya Entok diperlukan tata kelola yang baik agar usaha ini menguntungkan. Persaingan usaha budidaya Entok masih sangat minim. Hal ini menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan karena sedikitnya saingan bisnis. Adapun untuk masalah pemasaran, selain melalui Bandar Entok, anda pun bisa membangun jaringan usaha dengan mengenalkan diri pada para pedagang binatang unggas.

Disamping budidaya Entok, anda pun bisa membuka warung makan atau restoran yang menyediakan masakan daging Entok dan berbagai olahan lainnya dari hewan unggas ini. Rasa daging Entok termasuk lezat, nikmat dan lezat sehingga disukai banyak orang. Peluang usaha rumah makan khusus masakan dari Entok pun sangat menjanjikan untuk dijalankan pada saat sekarang ini.

Sementara itu, harga jual Entok berkisar Rp.25.000 per kg. Sedangkan pada hari raya Idul Fithri harga jual Entok bisa mencapai Rp.40.000 per kg. Jika menggunakan pakan alami yang lebih murah maka keuntungan yang didapat bisa sangat besar dari usaha budidaya Entok. Peluang usaha ternak atau budidaya Entok masih terbuka sangat lebar bagi siapapun. Permintaan bulu Entog masih sangat tinggi sehingga pasokan bulu Entok untuk pembuatan kok bulutangkis sangat kurang.

Menurut saya usaha budidaya entok ini mempunyai peluang yang sangat besar untuk mendapatkan pundi pundi uang. semoga artikel ini dapat anda jadikan panduan untuk memulai bisnis usaha ini.

0 comments :

Post a Comment